Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Apa Itu IV Dalam Game Pokemon Go




OmahPokemon - Seiring perkembangan Game Pokemon Go, muncul beberapa istilah baru dalam memainkan game ini, ada dua jenis istilah yaitu istilah resmi yang diberikan oleh niantic untuk menggambarkan suatu hal dalam Game Pokemon Go. Dan yang satu lagi adalah istilah yang ditemukan oleh sesama trainers untuk menyebut suatu hal dalam game. Nah kali ini kita akan membahas satu istilah yang disebut IV. Mungkin trainer yang masih belum tau apa itu IV bertanya – tanya apakah itu IV? Apa IV itu berguna? Seberapa pentingnya sih seorang trainer mengetahui IV pokemon miliknya? Nah ketika pertanyaan sudah terkumpul maka OmahPokemon akan mencoba memberitahu trainer sekalian tentang IV pada Game Pokemon Go. Oke, langsung kita bahas saja yuk



Apa itu IV?

IV adalah kependekan dari Individual Values, atau bisa juga disebut dengan Hidden Stats. Mengapa disebut Hidden karena Data IV tidak ada atau tidak tercantum dalam detail pokemon di Game Pokemon Go. Nah Individual Values ini bisa mempengaruhi seberapa kuat pokemon kamu ketika bertarung di Gym, atau mempertahankan Gym. Nah ada beberapa parameter yang menyusun IV yaitu Attack, Defense, dan juga Stamina. Kalau Stamina, trainer bisa melihatnya langsung di data HP tiap pokemon, namun sayangnya trainer tidak bisa melihat Attack dan Defense langsung dari gamenya, karena memang sifatnya tersembunyi.



Harus trainer ketahui bahwa tiap jenis pokemon itu memiliki kemampuan dan kelebihan dasar yang berbeda – beda, misalnya flareon itu memiliki attack yang lebih tinggi, sedangkan Golem memiliki Defense yang lebih tinggi, sedangkan Chansey justru memiliki stamina yang lebih tinggi. Nah, jadi memang tiap jenis juga memiliki base yang berbeda.



Kemampuan dasar ini bisa trainer hubungkan dengan seri pokemon yang pernah trainer tonton di televisi, namun bagi yang tidak hafal mengenai sifat atau kemampuan dasar pokemon dalam Game Pokemon Go jangan berkecil hati, karena Game Pokemon Go tidak sepenuhnya mengambil kelebihan dasar berdasarkan seri yang pernah ditayangkan di Tv, misalkan saja si Gyarados, bila dia terkenal dengan attacknya yang tinggi, namun dalam Game Pokemon Go dia justru memiliki stat Defense yang lebih tinggi, makanya banyak sekali Gym yang dipasangi Gyarados untuk menjaga gym nya,




Lain kemampuan dasar lain pula kemampuan individu pokemon, seperti manusia, tiap jenis pokemon ternyata juga punya kemampuan individu yang berbeda – beda. Nah itulah yang dinamakan IV atau Individual Values. IV bisa menjadi parameter apakah pokemonmu memiliki kemampuan serang (attack) yang baik, atau justru kemampuan bertahan (defense) yang baik, atau malah bagus dua – duanya. Namun pertanyaannya adalah



Bagaimana cara mengetahui IV Pokemon?

Untuk mengetahui IV pokemon kamu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, untuk mengetahui berapakah IV pokemon, trainer bisa menggunakan IV calculator seperti halnya ketika dulu trainer menggunakan CP Calculator untuk menghitung CP pokemon ketika sudah di Evolve. Namun bila dibandingkan berfokus pada CP, akan lebih baik bila trainer lebih memfokuskan untuk berfokus di IV nya.
Kamu bisa mencoba melihat IV pokemon kamu dengan kalkulator IV dengan menggunakan beberapa parameter yang sudah terlihat seperti CP, HP dan juga berapa banyak stardust yang dibutuhkan untuk power up.  Setelah itu kalulasi, dan akan nampak berapa IV yang bisa didapatkan bila seumpama kamu mengevolusi pokemon kamu itu sekarang. Akan ada beberapa parameter seperti Attack, Defense, Stamina, CP dan HP. Nah itulah IV pokemon kamu.



Apakah Individual Values atau IV itu penting?

IV itu selain bisa membuat kamu evolusi pokemon dengan tepat, juga bisa membuat pokemon kamu menjadi unik. Unik dalam artian bila pokemon kamu dibandingkan dengan pokemon lain yang di evolusi dengan cara sebatas power up dan evolve saja, dan tidak memperhatikan IV dari pokemon itu sendiri. Selain itu dengan mengetahui IV pokemon kamu, kamu jadi bisa memutuskan untuk mengevolusi pokemon A atau pokemon B. jika CP pokemon A lebih besar dari pokemon B, namun setelah di IV kalkulasi, ternyata IV nya lebih besar pokemon B, maka trainer jelas lebih baik mengevolusi pokemon B, walaupun CP pokemon A lebih besar



Contoh Kalkulasi


Sebagai contoh kita akan menghitung IV yang mungkin akan kita dapat ketika mengevolusi Charmeleon menjadi Charizard. Pertama Charmeleon memiliki data CP 446 dan hp 55, sedangkan untuk power up membutuhkan 1300 Stardust. Bila di evolve menjadi Charizard maka IV Statnya akan menjadi

 
Apa Itu IV Dalam Game Pokemon Go - OmahPokemon
Hasil kalkulasi IV ke 1





Kita sudah dapat data pertama, lalu coba kita power up 1 kali saja, sehingga kita dapat Charmeleon dengan CP 464 (naik 18) untuk HP nya menjadi 57 (naik 2), dan untuk power up membutuhkan stardust 1300. 


Apa Itu IV Dalam Game Pokemon Go - OmahPokemon


Dan coba di kalkulasi lagi apa bila pokemon ini di evolve akan mendapatkan IV stat yang bagaimana. Dan hasilnya

Apa Itu IV Dalam Game Pokemon Go - OmahPokemon
Hasil Kalkulasi IV ke 2


Nah, bila dibandingkan dengan data pertama, Charemeleon ini justru malah memiliki IV stat yang tidak bagus. Bila sudah ketahuan seperti ini, trainer bisa mencoba kalkulasi Charmeleon lain untuk melakukan kalkulasi  dan bila hasilnya bagus bisa di power up hingga maksimal, sehingga ketika di evolve juga menghasilkan pokemon yang benar – benar memuaskan kemampuannya, misal untuk attack atau untuk defense.




Oke trainers, bagaimana? Sudah paham kan mengenai apa itu IV, fungsi dan cara menghitungnya? Dengan memilah sekaligus memilih pokemon yang akan di evolve, kamu bisa mendapatkan pokemon sesuai keinginanmu dalam hal Stat nya. Dan dengan begini seharusnya trainer bisa menyimpulkan bahwa pokemon dengan CP tinggi belum tentu  memiliki Attack yang tinggi pula. Dan yang paling penting selalu bermain Game Pokemon Go dengan cara yang baik dan benar.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Apa Itu IV Dalam Game Pokemon Go di blog Omah Pokemon Go jika Trainer ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web broswer Trainer, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard Trainer.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com